WISATA SALATIGA : Agrowisata Si Talang Kauman Kidul Kian Menggeliat


Laporan : Indra W


POJOKTANI-, Ada yang berbeda dari suasana di kawasan persawahan Si Talang, Kauman Kidul, Sidorejo, Salatiga. Seperti terlihat pada Minggu (13/6) pagi, kawasan yang kini tercatat sebagai agrowisata itu ramai dikunjungi warga yang ingin melewatkan suasana pagi sambil menikmati sajian aneka kuliner yang dijajakan oleh warga sekitar. 

Suasana persawahan dan aliran sungai Kali Aji yang memanjang di kawasan tersebut memanjakan mata pengunjung yang ingin berolahraga pagi. Kawasan yang kini dinamai Agrowisata SI Talang itu kini berubah menjadi pasar wisata setiap hari Minggu.

Salah satu pengunjung asal Dukuh, Sidomukti, Salatiga, Maryanto (40), mengungkapkan dirinya hampir setiap minggu pagi mengajak keluarga untuk menikmati suasana di Si Talang. Selain bisa berolahraga, kata dia, di Agrowisata yang tergolong baru ini, dirinya dan keluarga bisa menikmati santapan kuliner tradisional khas Salatiga. 

“ Kalau di sini selain bisa berjalan kaki sambil melihat pemandangan sawah, kita juga bisa menikmati jajanan tradisional Salatiga. Berolahraga sambil kuliner-an. Komplit dan tidak banyak mengeluarkan uang karena di sini jajanan dijual murah, “ ungkapnya. 

Sementara itu, pengelola parkir setempat, Zuhro (48), mengatakan kini di Agrowisata Si Talang hampir setiap Minggu di datangi pengunjung dari berbagai wilayah di Salatiga dan sekitarnya. 


“Sudah ramai setiap Minggu pagi. Sudah mulai dikenal oleh warga di Salatiga dan sekitarnya. Bagi kami warga sekitar, ini menjadi lahan untuk meningkatkan taraf ekonomi terutama bagi para pemuda di wilayah kami yang belum memiliki pekerjaan, “ terangnya. 

Zuhro berharap, dengan kian ramainya kawasan Si Talang, dapat menjadikan daerah Kauman Kidul lebih dikenal sebagai kawasan wisata kuliner dan perairan. Mengingat, kata dia, di lokasi tersebut juga terdapat wahana tubbing dan pembudidayaan ikan air tawar seperti lele, nila dan koi. 

“ Ke depan kami berharap kawasan ini kian berkembang dan lebih dikenal masyarakat sebagai kawasan wisata perairan. Banyak warga di sini yang membudidayakan ikan air tawar dan ada lagi yang kini mengembangkan wahana wisata tubbing, “ pungkasnya. 

Red/Edit : GCP
Lebih baru Lebih lama